sejarah: siapakah yang pertama meyembah dan menyebarkan berhala kepada bangsa Arab?

September 30, 2015


Bangsa Arab adalah anak-anak dan keturunan Nabi Ismail As. oleh karenanya mereka mewarisi agama dan ajaran yang pernah dibawa oleh bapak mereka (Nabi Ibrahim, A.s dan Nabi Ismail. A.s). beribadah Kepada-Nya, mematuhui hukum-hukumNya dan mensucikan serta mengagunggukan Baitul-Haram (Ka'bah).

Namun setelah beberapa kurun waktu seiring pada zaman jahiliyah di lain bangsa dan kaum, menyusuplah kepada mereka kebodohan dan tukang sihir dan masuklah mereka kembali kepada menyembah berhala..

tradisi-tradisi buruk dan moral bejad pun tersebar luas dan pada akhirnya mereka jau dari ajaran Nabi Ibrahim a.s dan Nabi Ismail.a.s ,

orang yang pertama kali menyembah dan menyebarluaskan kemusrikan ini adalah AMR BIN LUHAYYI BIN QAM'AH, nenek moyang dari Bani Khuza'ah

dalam Riwayat Ibnu Ishak dari Muhammad bin Ibrahim bin al Harist at-tamimi: shalih as-Saman menceritakan bahwa ia mendengar Abu Hurairoh berkata : aku pernah mendengar Rasulullah bersabda kepada Aktsam bin Jun al-Khuza'i :

" Wahai Aktsam, Aku pernah melihat Amr bin Luhayyi bin Qam'ah bin Khandaf ditarik usus-ususnya ke dalam neraka. Aku tidak melihat seorang pun mirip (wajahnya) dengannya kecuali kamu" lalu Akstam berkata " apakah kemiripan rupa tersebut akan membahayakan aku, Ya Rasulullah?"" Rasul Menjawab " tidak, sebab kamu Mu'min sedangkan ia kafir. Sesungguhnya dia adalah orang yang pertama kali mengubah agama Ismail.A.s. Kemudian dia membuat patung-patung, memotong telinga binatang dipersembahkan kepada thagut-thagut, menyembelih binatang-binatang untuk tuhan-tuhan mereka, membiarkan unta-unta untuk sesembahan, dan memerintahkan tidak menaiki unta tertentu, karena keyakinan berhala"

Riwayat sejarah Amr bin Luhayyi meyebarluaskan berhala
Ibnu Hisyam meriwayatkan bagaiman Amr bin Luhayyi ini memasukan berhala kepada bangsa Arab
Ibnu Hisyam berkta: "Amr bin Luhayyi keur Makkah ke Syam untuk suatu keperluannya, ketiak sampai di ma'ab di daerah balqa', pada waktu itu di tempat tersebut terdapat anak keturunan 'Amliq bin Laudz bin Sam bin Nuh, dia melihat mereka menyembah berhala-berhala, lalau Amr bin Luhayyi berkata kepada mereka, "Apaka berhala-berhala yang kamu sembah ini?", mereka menjawab, ini adalah berhala-berhala yang kami sembah, kami minta hujan kepadanya,lalu kami diberi hujan, kami minta hujan kepadanua, lalau kami ditolong". lalu Amr bin Luhayyi berkata lagi, "bolekah kamu berikan satu berhala kepadaku untuk aku bawa ke negeri Arab agar mereka(juga) menembahnya?" maka mereka pun membrikan satu berhala yang bernama Hubal. lalau dibawanya pulang ke Makkah dan dipasanglah berala tersebut. kemudian ia memerintahkan orang-orang untuk menyembah dan menghormatinya".


demikian lah orang yang pertama kali membawa berhala kepada bangsa Arab setelah datangya ajaran yang hanif Ibrahim a.s dan Ismail. a.s ..

Rujukan : Sirah Nabawiyah, Dr.Muhammad  sa'id Ramadhan Al-Buthi




Artikel Terkait

Previous
Next Post »

dilarang mengeluarkan kata kata kotor EmoticonEmoticon